5 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

Yanuar Aldi Allesandro Official Blog

Saturday 6 December 2014

5 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

5 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog - Apa yang bisa meningkatkan reputasi dari sebuah blog? Yang dimaksud dengan reputasi ialah trafik di mesin pencari Google. Ketika orang mengetikkan sesuatu di tab mesin pencari akan langsung merekomendasikan blog tersebut. Sebetulnya ini merupakan strategi supaya pengunjung bisa berlama-lama dalam sebuah blog. Sekaligus memperbesar peluang untuk diterima dalam adsenses atau iklan dari Google.
Tips Meningkatkan Pengunjung Blog
Sumber Gambar : log.viva.co.id
Nah, berikut ini adalah beberapa poin penting untuk meningkatkan reputasi blog Anda :
  • Desain
  • Konten Fokus
  • Unik
  • Hindari Judul Palsu
  • Update

Desain

Kesan pertama saat mengunjungi sebuah blog hampir selalu mengomentari tampilan atau desain. Di dalam blog ini sudah banyak dijelaskan tentang cara desain tampilan blog beserta triks menambahkan widget dan sebagainya. Tapi hal paling penting ialah keserasian dari blog. Mendesain blog harus selalu mempertimbangkan komposisi. Artinya, Anda harus membuat tampilan blog senyaman mungkin, mulai dari warna, ikon dan navigasi.

Konten Fokus

Konten adalah segalanya. Sebab kualitas blog tidak melulu didasarkan pada desainnya. Percuma jika punya desain oke tapi kontennya tidak menarik dan justru kebanyakan hasil copy paste. Nah, lebih baik lagi jika blog Anda hanya fokus pada satu topik saja. Misalnya Anda punya minat pada musik, buatlah blog yang kontennya terkait dengan musik. Hal ini tentu saja akan membuat orang lebih mengenal blog Anda. Apalagi jika konten yang ditampilkan selalu baru dan berbeda, tapi tetap fokus pada topik utama.

Unik

Yang dimaksud dengan unik ialah cara penyampaian dalam blog. Bisa saja ditafsirkan dalam bentuk desain dan konten. Lebih baik lagi jika bisa memadukan keduanya. Maksud dari konten unik ialah tulisan atau gambar yang orisinal. Tidak peduli gaya bahasa Anda selama mudah dipahami dan bukan hasil penjiplakan, blog Anda sudah punya nilai plus. Kalau Anda sudah terbiasa menulis, blog ini bisa lebih dinamis dan produktif dengan konten-konten baru. Tapi sesuaikan dengan kenyamanan, misalnya dalam satu halaman sebaiknya dibuat sekitar 500 kata. Kalau lebih bisa diatur menjadi beberapa halaman atau tulisan bersambung saja.

Hindari Judul Palsu

Jangan sekali-kali menipu pengunjung blog Anda. Judul yang sensasional memang akan membuat orang penasaran dengan konten di sebuah blog. Tapi sekali Anda melakukan itu, orang sudah punya persepsi buruk tentang blog Anda. Jadi, lebih baik buatlah judul yang sesuai dengan blog Anda. Tapi jangan buat terlalu monoton. Ini hanyalah persoalan pembiasaan dalam artikulasi bahasa.

Update

Blog yang selalu update pos dalam waktu tertentu akan memudahkan mesin pencari Google dalam proses index. Misalnya Anda mengatur postingan setiap hari Senin pada jam sekian. Jika punya banyak tulisan yang hendak diposting, jangan lakukan semuanya dalam satu waktu. Buatlah masing-masing sebagai draft dan atur jadwal posting secara otomatis sesuai dengan pola waktu yang sedang Anda terapkan.

Itu dia 5 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog dari saya, semoga tips-tips singkat ini bermanfaat bagi kalian semua.

5 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

31 komentar:

  1. Bener banget bang, hindari judul palsu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya sangat menginfirasi sekali buat saya ijin belajar saya disini mas Aldi

      Delete
    2. Silahkan dipelajari mas.. hehe..

      Delete
  2. banyak juga ya caranya mas
    akan kucoba untuk meningkatkan pengunjung blogku
    salam kenal

    ReplyDelete
  3. memang perlu perhatian khusus ya mas..bagaimana meningkatkan pengunjung blog..!

    ReplyDelete
  4. Kunjungan perdana sambil BW Mas.. saya belajar untuk lebih meningkatkan pengunjung blog, soalnya blog saya masih sepi pengunjung nih masaldi.. follow back sudah berhasil. salam blogging mas :)

    ReplyDelete
  5. salam siang mas aldi kembali baca artikel nya nih mas..g+ dan blognya sudah saya follow semua biar bisa meningkatkan pengunjung blog kita masing masing ya mas?

    ReplyDelete
  6. informasi ini mungkin begitu bermanfaat bagi pemula blogger sperti saya :)
    mungkin kita harus buat topik yang bikin orang penasaran sebisa mungkin dgn kata-kata yang baik agar pembaca enjoy saat membaca post di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,, buat pemula seperti saya suka bingung caranya agar pengunjung nya banyak.tapi kalo misalkan template nya bagus tapi ga mndukung buat buka di hp percuma,soal nya yg buka nya jga ga semua pakai kompter yah

      Delete
    2. Iya gan..
      Biasannya sih menggunakan template responsive..

      Delete
    3. iya mas kalo template yg responsive itu nyari nya lumayan lama,, saya aja baru dapet.ya mskipun template nya ga bagus-bagus amat tapi yg terpenting responsive dulu lah buat sekarang mah

      Delete
    4. Nyari template responsive sebenernya banyak kok..
      Saya biasannya pakai buatan mas sugeng (www.mas-sugeng.com), lihat kumpulan templatenya mas sugeng di www.evotemplates.net

      Delete
    5. Nanti kalo ada waktu luang saya mampir ke blog mas sugeng :)

      Delete
  7. point "Update" yang di blog saya kurang mas... kalau masalah "Hindari Judul Palsu" jangan pernah sekali-kali membuat judul yang tidak sesuai oleh artikel kita... :)

    makasih ne mas. tips nya oke bener... saya save link mas, tuk menjalin persahabatan...

    ReplyDelete
  8. desain dan konten yang bagus dan merupakan kunci utama dalma menjaring pengunjung. selanjutnya bagaimana kita memelihara hubungan dengan pengunjung blog kita. dan penerapan tips meningkatkan pengunjung blog sangat perlu diterapkan. ok makasih infonya.

    ReplyDelete
  9. sudah praktik semua tinggal tunggu tuhan menyetujui ^_^

    ReplyDelete
  10. memang kuncinya ada pada artikel ya gan...kadang banyak yang tau namun sayang males melaksanakan...dan bagaimanapun ahlinya seorang blogger kalau udah penyakit malas itu melekat....blogpun akhirnya jadi berkarat.

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar tentang postingan ini, saya juga akan berkunjung balik ke blog anda.
Dan untuk yang ingin blog-nya di folback, silahkan berkomentar disalah satu postingan google+ saya.
Terima Kasih Atas Kunjungannya & Jika Postingan Ini Bermanfaat/Menarik Silahkan Bagikan Ke Teman Anda Di Facebook, Twitter, Google+ Dll!